Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung | Bidang Informasi dan Telematika
17118
page,page-id-17118,page-template,page-template-full_width-php,ajax_fade,page_not_loaded,,,wpb-js-composer js-comp-ver-4.2.3,vc_responsive

Bidang Informasi dan Telematika

Tugas Pokok dan Fungsi

INTEL1

  1. Menyusun rencana kegiatan di bidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Mengkoordinir para kepala seksi dalam merumuskan program dan system kerja operasional bidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  3. Melakukan koordinasi yang diperlukan dengan bidang lainnya dalam hal kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Menyusun langkah teknis operasional di bidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  5. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan di bidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  8. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karir bawahan;
  9. Menyiapkan bimbingan, pembinaan, pengembangan dan pengelolaan sistem Informasi di lingkungan pemerintah kabupaten;
  10. Menyiapkan bahan pengendalian dan pelaksanaan penyampaian informasi kepada masyarakat;
  11. Melakukan pembinaan terhadap pembangunan dan pengembangan telekomunikasi dan informatika di wilayah kabupaten;
  12. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya untuk bahan perbaikan ke depan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  13. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan.

  1. Menyusun rencana kegiatan di bidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian / kepala seksi intern dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun langkah teknis operasional di bidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan di bidang tugasnya agar tercapai keserasian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan  hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karir bawahan;
  8. Mengkoordinasikan perencanaan dan memelopori program aksi dan inisiatif untuk meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telekomunikasi informatika di lingkungan pemerintah kabupaten Badung melalui media internet / intranet;
  9. Memperkuat kemampuan menggalang berbagai sumber daya yang ada guna mendukung keberhasilan pelaksanaan pengembangan dan pendayagunaan teknologi telekomunikasi dan informatika mencakup hardware, software dan jaringan  komunikasi dalam kerangka sistem informasi manajemen pemerintah daerah (SIMDA);
  10. Menyusun rencana kerja peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia pemerintah kabupaten di bidang teknologi informasi melalui penyelenggaraan kursus atau diklat teknis fungsional komputer;
  11. Melakukan pengawasan dan perawatan / pemeliharaan jaringan Telekomunikasi dan Informatika;
  12. Melakukan pemantauan dan rekomendasi terhadap pembangunan prasarana telekomunikasi;
  13. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya untuk bahan perbaikan ke depan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  14. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  15. Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan.

  1. Menyusun rencana kegiatan di bidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian / kepala seksi intern dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun langkah teknis operasional di bidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan di bidang tugasnya agar tercapai keserasian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan  hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karir bawahan;
  8. Melaksanakan rencana dan program di bidang pembangunan dan pengembangan sistem informasi;
  9. Menetapkan pentahapan prioritas pembangunan dan pengembangan serta pemanfaatan sistem informasi;
  10. Melakukan pemantauan dan pengendalian atas penyelenggaraan sistem informasi;
  11. Melakukan pembinaan di bidang sistem informasi di lingkungan pemerintah kabupaten Badung;
  12. Melaksanakan kerja sama Teknologi Informasi dengan instansi lain dalam rangka pembangunan dan pengembangan serta pemanfaatan sistem Informasi
  13. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya untuk bahan perbaikan ke depan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  14. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  15. Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan.

  1. Menyusun rencana kegiatan di bidang tugasnya berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Melakukan koordinasi yang diperlukan antar sub bagian / kepala seksi intern dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  3. Menyusun langkah teknis operasional di bidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan di bidang tugasnya agar tercapai keserasian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan  hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karir bawahan;
  8. Melakukan pengumpulan, verifikasi dan perekaman serta pengendalian data dari berbagai instansi;
  9. Melakukan proses pengolahan data serta mengatur pelaksanaan proses pelayanannya;
  10. Melakukan perawatan pengamanan dan menjaga kerahasiaan Bank Data Informasi;
  11. Memberikan pelayanan Informasi kepada pimpinan dalam rangka pengambilan keputusan;
  12. Menyiapkan dan pengumpulan bahan dalam rangka menyusun petunjuk teknis di bidang penyelenggaraan perfilman, siaran radio dan TV;
  13. Menyusun program pelaksanaan dan penyampaian informasi masyarakat melalui berbagai media (pameran promosi dan internet);
  14. Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya untuk bahan perbaikan ke depan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  15. Membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan di bidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan.




Slide background

BIDANG

INFORMASI DAN TELEMATIKA

Slide background


Bidang Informasi dan Telematika

 

Secara umum infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kabupaten Badung sudah cukup tersedia. Sambungan internet menggunakan internet servis provider (ISP) berbagai macam perangkat seperti telepon, GSM, CDMA, Fiber optik, Broadband sudah cukup banyak tersedia. Daerah yang paling banyak penggunaan internet terdapat di wilayah selatan kabupaten pusat kegiatan perekonomian dan pariwisata. Dimana infrastruktur internet tersedia dengan baik.

Kabupaten Badung pada tahun 2012 telah memiliki beberapa aplikasi yang sudah berjalan di pemerintahan Kabupaten Badung saat ini yaitu :

1. Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)

LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementrian/ Lembaga/Satuan kerja perangkat daerah/Institusi lainnya untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang atau jasa secara elektronik serta memfasilitasi ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang atau jasa secara elektronik.

2. Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE)

SPSE merupakan aplikasi e-procurement yang dikembangkan oleh direktorat e-procurement-LKPP untuk digunakan oleh LPSE di seluruh K/L/D/I. Aplikasi ini tidak memerlukan biaya lisensi, baik lisensi SPSE itu sendiri maupun perangkat lunak pendukungnya.

Menara Telekomunikasi Terpadu

 

PERDA KABUPATEN BADUNG

NOMOR 6 TAHUN 2008

TENTANG

PENATARAN, PEMBANGUNAN DAN PENGOPERASIAN

MENARA TELEKOMUNIKASI TERPADU DI KABUPATEN BADUNG

  1. Bahwa dengan semakin berkembang dan meningkatnya kegiatan usaha telekomunikasi sejalan dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat terhadappenggunaan fasilitas telekomunikasi di wilayah kabupaten Badung hal mana telah mendorong peningkatan pembangunan menara telekomunikasi dan berbagai sarana pendukungnya sehingga untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan, mendesak untuk dilakukan penataan pembangunan infrastruktur menara telekomunikasi terpadu oleh Pemerintah Kabupaten
  2. Infrastruktur menara telekomunikasi berfungsi untuk memberikan pelayanan secara maksimal bagi masyarakat dengan mempertimbangkan estetika dan fungsionalitas infrastruktur tersebut secara optimal
  3. Untuk mencegah pembangunan dan pengoperasian menara telekomunikasi, yang tidak sesuai maka dilakukan penataan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan terhadap pembangunan dan pengoperasian menara telekomunikasi
  4. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebgaimana dimaksud dalam huruf a,b,c perlu membentuk peraturan daerah tentang Penataan, Pengoperasian Menara Telekomunikasi Terpadu di Kabupaten Badung

Menara telekomunikasi merupakan infrastruktur yang saat ini sangat diperlukan guna terselenggaranya pertelekomunikasian di Kabupaten Badung. Menara telekomunikasi terdapat beberapa jenis yaitu:

  1. Green Filed
  2. Roof Top
  3. Kamuflase

Ke semua ini menunjangjaringan telepon seluler, internet, yang berkembang pesat saat ini dan kedepannya. Dengan demikian keberadaan menara di kabupaten Badung pada saat ini masih diperlukan