Menampilkan file yang di”Hidden” oleh virus

Menampilkan file yang di”Hidden” oleh virus

Akhir – akhir ini sering terjadi kasus di mana file – file penting yang ada dalam flashdisk ataupun dalam folder tertentu hilang secara mendadak. Sebagai gantinya muncul file – file berformat shortcut yang tentu saja jika diklik, tidak akan membuka file yang diinginkan. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun cukup merepotkan bagi sebagian orang, karena file asli yang dibutuhkan menghilang dan meskipun option “show hidden files” sudah di centang pada “file and folder option”, file – file tersebut tetap tidak muncul. Apa yang sebenarnya terjadi?

Jika anda menemukan kejadian ini pada komputer / flashdisk anda, maka komputer / flashdisk anda sedang terjangkiti virus. Banyak cara yang bisa digunakan untuk menampilkan kembali file – file yang dihidden tersebut. salah satunya adalah dengan menggunakan command prompt.

Berikut adalah langkah – langkah yang harus dilakukan :

  1. Pastikan komputer anda sudah terbebas dari virus yang menyembunyikan file – file anda. hal ini bisa dilakukan dengan menscan komputer anda dengan menggunakan antivirus yang terpercaya dan sudah terupdate.
  2. buka command prompt dengan cara mengetikkan “cmd” pada run/search dialog box pada start menu.
  3. setelah command prompt muncul, masukkan drive dari flashdisk atau drive hardisk di mana file – file tersebut menghilang.
  4. misalnya flashdisk anda berletter drive ‘H’. maka yang harus diketikkan pada command prompt adalah  H: lalu tekan enter.
  5. selanjutnya drive letter yang sebelumnya c:\ akan berubah menjadi drive letter yang anda ketikkan ( H:\ )
  6. ketik perintah                                    attrib -r -a -s -h /s /d
  7. tunggu proses selesai.
  8. cek dengan menggunakan windows explorer, apakah file yang dihidden terebut sudah muncul atau belum.

Selamat mencoba :)